Info Laporan Laba Rugi: Pengertian, Jenis, Tujuan, Contoh, Bentuk


Kumpulan Informasi Bermanfaat - Dalam setiap aktivitas bisnis, tentu saja keinginan untuk mendapat untung dan juga beberapa kerugian yang diderita saat menjalankan bisnis.

Nah, cari tahu ini menggunakan mat pelaporan pendapatan. Laporan keuangan ini adalah laporan yang termasuk dalam siklus akuntansi yang dihasilkan selama periode akuntansi.

Ini berisi semua elemen pendapatan dan status bisnis yang akan menghasilkan pendapatan nyata dalam bisnis, apakah itu pendapatan bersih atau kerugian bersih.

Laporan laba rugi komprehensif

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang dalam laporannya memuat semua elemen yang menunjukkan pendapatan, pengeluaran, kerugian, dan keuntungan bisnis yang diperoleh dari perusahaan dalam periode waktu tertentu atau dalam periode tertentu. ditentukan.

Laporan ini didasarkan pada tujuan untuk dapat menghitung laba bersih perusahaan dengan mengurangi total biaya dari total pendapatan.

Menurut pendapat Van Horne dan Wachowicz, laporan laba rugi adalah ringkasan dari pendapatan dan pengeluaran bisnis selama periode tertentu atau selama periode tertentu, berakhir dengan keuntungan dan kerugian bersih selama periode ini.

Tujuan penghitungan laporan laba rugi adalah untuk menunjukkan profitabilitas kepada investor dan kreditor yang melakukan bisnis dalam bisnis, dan juga untuk menemukan efisiensi bisnis dalam menghasilkan laba dari total jumlah pendapatan yang diperoleh.

Perbedaan dengan neraca, laporan laba rugi, digunakan untuk menghitung laba bersih selama periode tertentu atau selama periode yang termasuk dalam prinsip-prinsip serta dalam konsep akuntansi dasar.

Struktur membuat perbedaan dalam laporan laba rugi masing-masing, biasanya dengan menyesuaikan laporan laba rugi untuk setiap bentuk perusahaan.

Misalnya, di perusahaan dagang, laporan laba rugi mencakup penjualan, harga pokok penjualan, dan biaya dan pengeluaran yang terjadi selama periode tertentu atau selama suatu periode. Dan dalam laporan laba rugi perusahaan jasa, layanan pendapatan dan bahan layanan diperlukan dalam periode waktu tertentu.

Jenis-jenis kemenangan

Dalam akun laba rugi, yang dapat dibagi menjadi 4 jenis, keempat jenis tersebut meliputi laba bersih, margin kotor, laba operasi, dan laba sebelum pajak.

Penghasilan bersih

Laba bersih adalah pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan terbatas publik di mana total melebihi penjualan bersih pada harga barang yang dijual setelah dikurangi biaya operasi dan biaya pajak penghasilan. Faktor yang dapat mempengaruhi ukuran laba bersih adalah biaya operasi, harga pokok penjualan dan tarif pajak.

Laba kotor

Laba kotor adalah pendapatan yang dihasilkan oleh suatu bisnis terhadap penjualan suatu produk dalam periode waktu tertentu. Keberadaan laba kotor dapat menemukan perusahaan yang dapat menutupi biaya produk. Dan untuk menentukan laba kotor yang lewat. Penjualan bersih dikurangi harga pokok penjualan.

Laba sebelum pajak

Ini adalah laba yang diperoleh setelah menghitung pendapatan dan pengeluaran lainnya, tetapi tidak termasuk pajak penghasilan. Manfaat umum bisnis sebelum kewajiban pajak.

Keuntungan operasional

Laba operasi adalah perbedaan antara penjualan dan semua biaya dan pengeluaran operasi. Laba operasional dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa suatu bisnis dapat memperoleh penghasilan berdasarkan aktivitas utama yang dikelolanya.

Tujuan dari laporan laba rugi

Berguna untuk membuat laporan laba rugi karena laporan ini diperlukan oleh beberapa divisi perusahaan. Selain itu, beberapa tujuan dari laporan laba rugi adalah:


  • Untuk memberikan informasi tentang jumlah total pajak yang harus dibayarkan suatu bisnis.
  • Ini dapat digunakan sebagai sumber informasi tentang keberhasilan bisnis.
  • Sebagai bahan referensi untuk evaluasi manajemen perusahaan guna menentukan langkah-langkah yang sesuai di masa mendatang.
  • Membantu proses analisis strategis sehingga perusahaan dapat menemukan tingkat keberhasilan dalam strategi bisnis yang sebelumnya ditetapkan.
  • Menjadi salah satu referensi agar perusahaan dapat mengembangkan bisnis jika ingin terus meningkatkan laba yang dihasilkan.
  • Menjadi cermin atau profil entitas komersial untuk calon investor atau kreditor yang akan melakukan transaksi komersial dengan perusahaan.
  • Ini digunakan sebagai informasi tentang keadaan bisnis, apakah bisnis dapat menghasilkan keuntungan sesuai dengan keinginannya atau bahkan kerugian dalam suatu periode.

Postingan populer dari blog ini

7 Film Anime China Terbaru 2019

Info Peluang Usaha Menjanjikan: Terbaru 2020

Kue Kering Coklat Untuk Lebaran