Teknik Dasar Lompat Jauh: Materi Lengkap


Kumpulan Informasi Bermanfaat - Apa lompatan paling jauh yang pernah Anda lakukan? Hampir setiap orang bisa melakukan lompatan, tetapi tentu saja hasilnya akan berbeda. Karena untuk sesuatu yang dianggap simpel dan itupun, ada teknik khusus yang membutuhkan perhatian.

Terutama di cabang olahraga yang disebut lompat jauh. Ini adalah olahraga yang menggabungkan kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan untuk melangkah sejauh mungkin di udara dari titik tertentu.

Untuk hasil lompatan maksimum, teknik lompat jauh dasar yang baik diperlukan. Ini tentang memaksimalkan kecepatan dan kekuatan untuk membuat lompatan panjang.

Definisi lompat jauh


Sebelum kita membahas teknik dasar lompat jauh, mari kita membiasakan diri sedikit dengan olahraga ini. Lompat jauh adalah salah satu cabang atletik dalam olahraga lompat global, seperti lompat tinggi.



Inti dari olahraga ini adalah untuk mengusir dari titik untuk menghasilkan lompatan terpanjang. Seorang pelompat harus mampu melemparkan tubuhnya ke udara sejauh yang dia bisa.

Sejarah lompat jauh

Lompat jauh telah menjadi salah satu cabang atletik yang begitu populer di dunia. Dia juga sering berpartisipasi dalam berbagai festival olahraga seperti Olimpiade. Di mana banyak atlet bertanding.

Namun sebelum menjadi setenar sekarang, bagaimana sejarah perkembangan lompat jauh? Kita akan ke 708 d. C. Pada waktu itu, sebuah acara Olimpiade sebelumnya telah berlangsung di Yunani.

Tetapi tidak seperti Olimpiade hari ini, pada saat itu, ia hanya berpartisipasi dalam olahraga lompat jauh. Dan ini adalah awal dari cabang olahraga ini.

Sampai saat itu, pada tahun 1896, itu mulai diperebutkan di Olimpiade modern, terutama untuk pria. Kemudian, pada tahun 1928, atlet wanita diizinkan secara resmi untuk bertanding dalam olahraga lompat jauh.

Teknik dasar lompat jauh

Untuk menghasilkan lompat jauh, setidaknya ada 4 teknik dasar yang harus dikuasai. Diantaranya, awalan, tolakan, melayang dan mendarat.

1. Teknik awalan


Saat awalan, jembatan harus bekerja secepat mungkin. Secara umum, alun-alun akan dibuat di lintasan dengan panjang sekitar 30 hingga 45 meter. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat awalan lompat jauh:


  • Tenangkan tubuh Anda sebelum mulai berlari.
  • Kemudian mulailah berjalan perlahan, lalu akselerasi hingga maksimal.
  • Kontrol tubuh Anda untuk menjaga keseimbangan saat berlari dengan kecepatan tinggi.
  • Ketika Anda berada di dekat dataran tinggi tolakan, bersiaplah untuk mengambil lompatan.
  • Berlatih terus menerus sehingga Anda terbiasa menemukan momentum yang tepat.



2. Teknik penolakan


Setelah berlari, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menolak. Sangat penting untuk mengingat ini karena ini akan mempengaruhi hasil lompatan.

Tolak adalah proses perpindahan kecepatan horizontal menuju kecepatan vertikal. Ketika kita mendapatkan kecepatan dari awal perlombaan, itu akan digunakan untuk menghasilkan lompatan tidak hanya tinggi, tetapi juga jauh.


  • Berikut beberapa cara untuk menolak:
  • Gunakan kaki dominan (kiri atau kanan) untuk tumbuh kembali.
  • Saat Anda membuat alas, miringkan tubuh Anda ke depan.
  • Dorong kembali, lalu angkat lutut ke depan sampai tertekuk.
  • Ayunkan kedua tangan ke depan mengikuti gerakan.


3. Teknik melayang


Ketika Anda telah berhasil mendorong mundur dan melompat, langkah selanjutnya adalah mempertahankan postur Anda saat melayang di udara. Anda harus dapat mempertahankan tubuh yang seimbang saat melakukan gerakan untuk menghasilkan jarak lompat yang lebih panjang.

Berikut adalah beberapa tips untuk gerakan mengambang di udara:


  • Tak lama setelah tolakan, angkat lutut untuk menekuk.
  • Lalu turunkan keduanya setelah mengambang di udara.
  • Dorong pinggul ke depan dan rentangkan dada dengan kedua tangan ke belakang.
  • Ketika tubuh sudah mulai jatuh, ayunkan kaki dan tangan Anda ke depan dan tekuk tubuh.
  • Mulailah mempersiapkan kedua kaki untuk mendarat.

Postingan populer dari blog ini

7 Film Anime China Terbaru 2019

Info Peluang Usaha Menjanjikan: Terbaru 2020

Kue Kering Coklat Untuk Lebaran